beranda

Minggu, 21 Juni 2015

Ngabuburit dengan merawat ayam

Di bulan ramadhan, walaupun para pengurus peternakan mennjalankan ibadah puasa, ayam tentu tidak harus dibawa puasa dong. Jangan sampai ayam mengalami penurunan stamina hanya karena pengurusnya sedang puasa.
(klik, butik celana jeans untuk jeans murah berkualitas)
Memang ada beberapa pola yang berubah dalam perawatan selama bulan puasa. Hal ini terutama jadwal kasih pakan ayam bertambah setengah jam. Biasanya di kisaran jam setengah 8 jam 8, sekarang menjadi jam 8 sampai jam setengah 9nan. Hal ini disebabkan karena para pengurus bangunnya menjadi lebih siang sedikit.hehe


JUAL AYAM BANGKOK SUPER, JUAL AYAM BANGKOK TERBARU, JUAL AYAM BANGKOK MURAH, JUAL AYAM BANGKOK PUKUL KO, JUAL AYAM BANGKOK PUKUL TAJI SUPER, JUAL AYAM BANGKOK BANDUNG, JUAL AYAM BANGKOK JAKARTA, JUAL AYAM BANGKOK SURABAYA, JUAL AYAM BANGKOK YOGYAKARTA, JUAL AYAM BANGKOK, SEMARANG, JUAL AYAM BANGKOK PEKANBARU, JUAL AYAM BANGKOK ISTIMEWA PALEMBANG

Walaupun ada perubahan jadwal perawatan, namun pelatihan terhadap ayam tetap dilaksanakan dengan cara-cara terbaik yang bisa dilakukan. Biasanya, sesudah dikasih pakan ayam dijemur sekitar 1 jam. Sengaja tidak dijemur terlalu lama karena cuacanya yang cukup terik ditambah dengan anginnya yang sangat besar untuk seminggu ini. pengurangan waktu jemur untuk mensiasati agar bulu ayam tidak kering, dan tubuh ayam tidak terserang penyakit yang akhir-akhir ini mewabah karena cuaca ekstrim, seperti cekak/eluk atau flu burung.

Setelah ayam dijemur, yam langsung diumbar sampai jam 12 siang atau duhur. Ayam-ayam yang waktu pagi dijemur dan diumbar, jam 12 ayam sudah masuk ke kandang.
Setelah Istirahat untuk shalat, biasanya kami menyiapkan pakan untuk ayam yang diberikan sekitar jam 3. Mensiasati agar imunitas ayam tetap stabil, kami menambah pakan ayam dengan menaikan nutrisi ditambah antioksidan organic. Walaupun nutrisi dan antioksidan dalam pakan meningkat, untuk beberapa kasus, ayam kami ada yang mengalami penyakit ngorok. Hal ini karena factor cuaca yang ekstrim.
Dari jam setengah 2, beberapa ayam yang tidak dijemur dan diumbar di pagi hari mulai dilepas untuk lari dan mengasah emosi. Biasanya ayam-ayam yang dilepas siang adalah ayam muda yang baru muncul keberaniannya.
Hari minggu tadi walaupun bulan puasa, kami tetap menjadwalkan beberapa ayam yang harus digebrag. Sekedar untuk melatih insting, mengettes kemampuan, dan memang ada juga yang disiapkan untuk bertarung setelah puasa.  Kegiatan menggebrag ayam ini bisa menjadi bagian ngabuburit yang cukup efektif, ketimbang harus jalan-jalan ke luar.
Jadwal ngegebrag yang biasanya dilaksanakan pada pagi sampai siang hari, diganti menjadi dari jam 2 sampai jam setengah 4. Waktu satu setengah jam ini bisa digunakan untuk menggebrag sekitar 4 tandingan ayam.
Menggebrak selesai, ayam-ayam diistirahatkan sebentar, diberi pakan, kemudian diberi jamu agar ayam bisa cepat pulih tenaganya.
Hal lain yang dilakukan untuk ngabuburit tersebut adalah tentu memastikan ayam untuk tetap dalam kondisi prima, baik ayam-ayam yang sedang dalam bok, ayam usia 3-5 bulan, ayam 5-7 bulan, dana yam 8 bulan ke atas. Memastikan ayam tetap prima ini bisa menghabiskan waktu sampai jam setengah 6. Mulai dari vaksin, pemberian obat, ganti air minum, treatment untuk beberapa ayam, dan sisanya digunakan untuk melatih kekuatan fisik ayam.
Hal lain adalah memastikan tiap babon dan calon babon untuk berada di kondisi badan yang beratnya seimbang, tidak boleh kurus apalagi kegemukan. Biasanya babon yang terlalu gemuk akan lebih susah untuk bertelur dan terkadang menjadi susah bertelur (bajir). Untuk babon kurus pun harus diberi multivitamin agar berat badannya seimbang. Hal ini harus dilakukan agar saat babon mau bertelur ada dalam kualitas prima dan bisa menghasilkan anakan yang maksimal.
Menimbang babon itu lumayan butuh ketelatenan, apalagi untuk babon-babon muda yang baru netas satu atau dua kali.
Babon yang udah biasa produktif pun harus tetap dijaga, karena itu sudah pasti jadi ATM di kandang.hehe
Menghabiskan waktu untuk ngabuburit, tidak harus keluar jauh, cukup merawat ayam dengan baik. bukankan tidur di saat puasa itu ibadah? Apalagi memelihara ayam, pasti ibadahnya lebih besar.

*selamat menjalankan ibadah Ramadhan
PANGUPUKAN AYAM ADU KIANSANTANG GARUT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar